Surga Dibawah Telapak Kaki Ibu

Surga itu berada di bawah telapak kaki ibu, sepenggal kata tersebut memanglah telah tidak asing di telinga kita, tetapi seberapa besar pemahaman serta pengaplikasian kata tersebut didalam kehidupan.

Dari Abu Hurairah RA, ia menceritakan, suatu hari ada seorang yang datang kepada Nabi Muhammad SAW seraya bertanya: "Wahai Rasulullah, siapa orang yang paling berhak saya perlakukan dengan baik?" Rasulullah menjawab: "Ibumu!" Orang itu bertanya lagi: "Lalu siapa?" "Ibumu!" jawab Beliau. "Lalu siapa lagi, ya Rasulullah?" tanya orang itu. Beliaupun menjawab "Ibumu!" Selanjutnya orang itu bertanya lagi: "Lalu siapa?" Belia menjawab: "Ayahmu." (Muttafaqun ‘Alaih).

Hadits diatas memerintahkan supaya kita selalu berbuat baik pada kerabat terlebih kepada ibu, lantas bapak. Didahulukannya ibu dikarenakan ia telah mengandung, menyusui, mendidik serta tugas berat yang lain. Dikarenakan beratnya tugas orang tua, jadi seorang anak harus untuk memperlakukan mereka dengan baik, apalagi membantahnya dengan kalimat `ah` itu kata-kata yang tidak diperkenankan.

"Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu (Q.S. Luqman:14)"

Di sini penulis mengajak berbarengan untuk mengerti tentang kata "Surga Dibawah Telapak Kaki Ibu" tersebut sedikit demi sedikit, dari sesuatu syair lagu Raihan, mudahan-mudahan kita dapat memberikan sebuah perubahan kecil didalam langkah berpandang kita pada sesosok wanita mulia bernama ”ibu”.

surga di telapak kaki ibu

Namun kelahiranmu adalah penghibur hati.
Dibelai dan dimanja setiap Hari.
Dimalam hari...Tidur tak berwaktu.
Tapi tak mengapa karna kau disayangi.

Wahai anak…!
Apakah kau mengerti…begitu deritanya IBU melahirkanmu.
Aduhai Anak...!
Apakah Engkau tau...Alangkah deritanya IBU melahirkanmu.

Hari….hari….sudah pun berlalu.
Usiamu semakin bertambah.
Seorang Ibu sudah semakin Tua.
Namun masih Berjuang demi sesuap rezeki.

Kini kau dewasa ibumu telah pergi.
Waktu terus berlalu seakan mengambil.
Sudahkan kau curahkan KASIH SAYANGMU.
Apakah terbalas segala jasanya…SURGA ITU ADA DI TELAPAK KAKINYA.

Hanyalah anak anak yang SHALEH.
Bisa memberikan Kasih sayangnya.
Hanyalah Anak..anak yang shaleh.
Bisa Mendoakan hari akhiratmu.

Sudahkah kita menjadi anak yang sholeh / sholehah?, sudahkah kita berusaha membalas jasa-jasanya?

Mudah-mudahan kita dapat memberikan sebuah pelayanan terbaik kita, untuk sesosok wanita mulia bernama IBU yang kita cintai, kita percaya bahwa surga di telapak kaki ibu.


Surga Dibawah Telapak Kaki Ibu

Anda sedang membaca artikel : Surga Dibawah Telapak Kaki Ibu dengan url http://ismagianti.blogspot.com/2011/01/surga-di-telapak-kaki-ibu.html
Share this article on:
Komentar Surga Dibawah Telapak Kaki Ibu